Jumat, 06 Juni 2014

Tips Merawat Gigi Bayi


Menurut salah seorang praktisi kesehatan gigi dan gusi, dikatakan bahwa gigi bayi yang biasanya mulai tumbuh pada usia 4-6 bulan, sebaiknya juga perlu dirawat agar tidak menimbulkan kerusakan pada gigi bayi. Lebih lanjut dikatakan bahwa terjadinya kerusakan pada gigi bayi ini bisa saja berpotensi menimbulkan lubang pada gigi dan memicu timbulnya rasa nyeri pada gigi.Apabila ini terjadi, bisa saja menimbulkan perasaan kurang nyaman pada bayi ketika menggunakan dot dan pada akhirnya bayi menolak menggunakan dot untuk mengkonsumsi susu. Penolakan ini bisa mengakibatkan bayi mengalami kekurangan asupan nutrisi, sehingga tindakan merawat gigi bayi sebaiknya rutin dilakukan.
Bagaimanakah kiat dan tips merawat gigi bayi yang bisa dilakukan oleh orangtua? Berikut ini adalah beberapa kiat dan tips merawat gigi bayi yang bisa dilakukan oleh orangtua sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:


• Lap Basah : Gunakan lap steril yang sudah dibasahi menggunakan air hangat dan matang untuk menggosok permukaan gigi dan lidah bayi sesaat seusai mengkonsumsi susu. Tindakan ini sebaiknya rutin dilakukan untuk menghindari terjadinya bau mulut bayi yang kurang sedap akibat timbulnya kerak atau selaput tipis susu pada permukaan lidah serta menghindari kerusakan lapisan mahkota gigi akibat aktifitas bakteri yang dipicu oleh sisa susu yang melekat pada permukaan gigi.
• Air Putih : Biasakan memberikan air putih ketika bayi usai mengkonsumsi susu dengan menggunakan botol lain yang sudah dibersihkan sebelumnya. Pemberian air putih ini dimaksudkan agar bekas susu yang menempel pada permukaan gigi ataupun lidah bisa segera hilang.
• Kebiasaan Buruk : Hindari juga beberapa kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan kerusakan pada gigi bayi, misalnya mengedot botol susu ketika tidur atau berangkat tidur. Selain berpotensi menimbulkan kerusakan pada gigi dan menimbulkan kerak susu pada lidah, kebiasaan ngedot sambil tidur juga dapat memicu terjadinya ngompol.Pada beberapa kejadian, balita yang dibiasakan tidur sambil ngedot akan sulit menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Demikianlah beberapa beberapa kiat dan tips merawat gigi bayi yang bisa dijadikan pertimbangan. Melakukan tindakan perawatan gigi bayi semenjak dini, pada akhirnya sevara tidak langsung juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan estetika penampilan bayi agar tetap lucu dan menggemaskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar